Surabaya Bowl season II Final : Lobster spartan gagal hentikan dominasi crocodile

Lobster Spartan ketika melawan Crocodile di final Surabaya Bowl season II (26/4) | Kiri - Kanan : PamPam, Hari (88), Ardha (75), TE Akmal (35).

      Lobster spartan sekali lagi harus menelan pil pahit untuk yang ketiga kalinya tahun ini. Pasalnya, tiga kali menghadapi crocodile (tahun ini) mereka harus takluk tiga kali juga atas crocs. Namun, bukannya bermain buruk, LS justru menunjukkan perlawanan berat pada final kemarin sabtu (26/4).

      Pada babak pertama, LS turun tanpa half back / running back. Mereka memasang 1 Tight End dan 3 Wide Receiver. Strategi tersebut pun berhasil. Beberapa short pass yang ditujukan pada Ivan 'Legend' pun berhasil ditangkap dengan baik. Di akhir drive pertama LS, grahadeden yang memanfaatkan kesalahan safety croco berhasil menangkap bola dan lari hingga goal line. Touchdown untuk LS. Touchdown tersebut menjadi TD pertama grahadeden pada gelaran SurBowl II tahun ini sekaligus mengakhiri puasa panjang WR yang memiliki julukan 'Julio Buls' (Julio jones versi LS) tersebut. LS juga berhasil memperjauh jarak setelah TFP 1 point berhasil dicetak oleh sang kapten lewat trik play khas nya.

      Tak hanya offense, terdapat perubahan yang signifikan di bagian defense LS. Aryo dan Aldi yang biasanya menempati posisi LB justru dipasang menjadi D-Line. Pada center, ada pemain jangkung ilman. Di posisi LB ada Grahadeden dan Ardha75 serta di posisi CB ada pemain andalan LS, Tigo SH dan Robbi. Sementara di posisi safety ada jolly. Taktik defense tersebut pun berhasil menekan crocodile. Alhasil, Tigo SH yang meng-cover ketat WR nomer 1 crocs, Umar, berhasil meng-intercept pass dari QB Gaza.

      Berpindah bola, begitu menguntungkan bagi LS karena berada dekat dengan red zone crocs. 3 play tak berhasil, QB Ardha75 mengirimkan medium pass ke Grahadeden. Grahadeden pun berhasil menangkap bola setelah berduel dengan 2 pemain sekaligus yaitu, CB Umar, dan Yayan. Aksinya tersebut membuat ia berhasil mencetak TD keduanya pada pertandingan tersebut sekaligus membuat 'Julio Buls' kembali masuk dalam daftar salah satu WR terbaik di ajang tahunan tersebut (Setelah permainan impressive nya pada SFFL II & III).

      Namun sayang, setelah mengganti taktik defense ke taktik normal, crocodile justru berbalik menekan LS. Alhasil, di akhir babak pertama, crocodile berhasil menyusul 1 touchdown. Babak pertama pun usai dengan skor 13 - 6 untuk keunggulan sementara LS. Di babak kedua, LS berhasil maju hingga tengah lapangan setelah sumbangan return dari RB Hasbi Azhar. LS pun terus maju hingga red zone Crocs namun, LS harus menerima penalty setelah salah satu pemain melakukan foul. Hal tersebut nampaknya membuat LS 'tak seperti biasanya', mereka justru gagal di 4th down yang menghasilkan turnover.

      Crocodile yang mendapat kesempatan emas terus menekan LS. RB yayan berhasil gain lebih dari 15 yard setelah block Umar pada CB Tigo SH namun, Ardha75 berhasil menghentikan yayan tepat 3 yard di depan goal line LS. Mendapat first down di depan goal line membuat crocs semakin bersemangat. Namun, LS yang berkeinginan untuk memenangkan pertandingan berusaha mati - matian. Alhasil, hingga 3rd down, LS berhasil menahan crocodile untuk mencetak TD. Namun harus disayangkan, pada 4th down, crocodile justru berhasil 'menipu' pemain defense LS dan sekaligus berhasil mencetak touchdown. TD tersebut juga ditambah TFP 1 point sukses yang berarti crocs berhasil menyamakan kedudukan menjadi 13 - 13.

      Berhasil menyamakan kedudukan di awal babak kedua membuat crocodile berada diatas angin. Defense mereka pun berhasil menghadang Offense LS dengan begitu baik. Beberapa menit kemudian, untuk ketiga kalinya, crocs berhasil mencetak touchdown setelah berhasil mengelabuhi defense LS. Ditambah dengan TFP 1 point membuat crocs berbalik unggul menjadi 13 - 20. Crocodile pun terus memakai run untuk mengulur - ulur waktu. Mereka pun berhasil menempatkan punt tepat 3 yard di depan goal line LS.

      Hanya tersisa 6 detik sebelum peluit tanda pertandingan usai dibunyikan. LS pun maju lewat short pass sukses pada TE Akmal lalu mengambil time out untuk last play. Hail mary menjadi 'harapan terakhir' LS. Ardha75 yang mengirim 'umpan jauh' pada RB Hasbi Azhar harus gagal setelah habek bertabrakan dengan 2 pemain Crocs. Para pemain crocs pun langsung meluapkan kegembiraan mereka setelah gagal nya play LS tersebut. Namun, beberap menit kemudian, wasit pun mengumumkan adanya foul yang dilakukan pemain crocs terhadap RB Hasbi Az membuat 'last play' harus kembali diulang.

      Namun sayang sekali, umpan Ardha75 yang tak sampai harus membuat last play LS tersebut kembali gagal. Pertandingan pun berakhir dengan skor 13 - 20 untuk kemenangan Crocodile. Hal tersebut membuat crocodile menyamai rekor LS sebelumnya (Juara SFFL II & III berturut - turut) yang berhasil mempertahankan gelar setelah berhasil juara SurBowl season I tahun lalu. Tak hanya itu, Crocs juga berhasil menyamai rekor unbeatable LS di tahun 2011 lalu setelah berhasil memenangkan semua pertandingan di SurBowl II tahun ini. Untuk LS sendiri, pencapaian tahun ini lebih baik dibanding pencapaian tahun lalu yang hanya sampai di babak play off setelah kalah oleh inferno.

      Sementara itu, kedua tim nampaknya langsung fokus pada next competition, National Friendly Game III di semarang. Sekali lagi, selamat atas crocodile!








Comments

Popular